Rapat Senat Terbuka ITK: Penyampaian Visi, Misi, dan Program Kerja Bakal Calon Rektor

    Rapat Senat Terbuka ITK: Penyampaian Visi, Misi, dan Program Kerja Bakal Calon Rektor

    Balikpapan – Pada Kamis, 13 September 2018 mulai pukul 09.00 s.d. 12.00 WITA bertempat di Auditorium Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Karang Joang, telah dilaksanakan Sidang/Rapat Terbuka Senat ITK dengan agenda Penyampaian Visi, Misi, dan Program Kerja Bakal Calon Rektor ITK Periode 2018 – 2022. Empat bakal calon rektor yang telah memaparkan visi dan misinya adalah :

    1. Bambang Lelono Widjiantoro, S.T., M.T.
    2. Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, M.Sc., Ph.D
    3. Prof. Enos Tangke Arung, S.Hut., M.P., Ph.D.
    4. Subchan, S.Si., M.Sc., Ph.D.

    Kementerian Ristekdikti mengirimkan perwakilan yang bertindak sebagai observer atau pengawas, yakni Ir. Wisnu S. Sunarso, M.Eng.

    Setelah mempresentasikan visi, misi, dan program kerja, setiap bakal calon rektor menerima pertanyaan dari Perwakilan Kemenristekdikti, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Rapat Terbuka Senat kemudian dilanjutkan dengan Sidang Tertutup yang beragendakan pemungutan suara oleh pemilih hak suara/Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang merupakan 14 anggota senat ITK. Pemungutan ini bertujuan untuk menyaring bakal calon rektor ITK dari empat (4) menjadi tiga (3) calon rektor yang akan mengikuti tahapan selanjutnya. Berikut hasil pemungutan suara:

    1. Dr. Bambang Lelono = 6 suara
    2. Prof. Budi Santosa = 2 suara
    3. Prof. Enos Tangke Arung = 0 suara
    4. Subchan, Ph.D = 5 suara

    Total suara sah berjumlah 13 suara dari 14 DPT, 0 suara tidak sah, dan 1 anggota senat berhalangan hadir.

    Dari pemungutan suara di atas, Senat ITK menetapkan tiga nama, yakni  Dr. Bambang Lelono Widjiantoro, S.T., M.T; Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, M.Sc., Ph.D; dan Subchan, S.Si., M.Sc., Ph.D. yang diserahkan kepada Menteri Ristekdikti. Setelah nama diserahkan kepada menteri, tahap selanjutnya adalah Pemilihan Rektor dalam Rapat Senat Tertutup ITK untuk memilih satu dari tiga calon rektor, yang dihadiri oleh Menteri Ristekdikti atau yang mewakili. Sesuai jadwal, rencananya tahapan ini diadakan pada pekan keempat September 2018.

    Menteri Ristekdikti kemudian menetapkan dan melantik Calon Rektor ITK terpilih untuk periode 2018-2022. Tahapan ini direncanakan selesai sebelum akhir 2018.

    Panitia Pemilihan Rektor ITK 2018-2022